Cara Membuat DIY Mainan Anak dengan Mudah

Bermain masih menjadi aktivitas utama anak-anak di bawah 5 tahun. Pasalnya pada usia tersebut mereka belum memiliki kewajiban untuk belajar karena memang belum waktunya. Meskipun belum memiliki kewajiban namun Bunda tetap bisa memberikan stimulasi yang bisa membantu perkembangan otak dan kecerdasannya.

Stimulasi bisa diberikan melalui mainan edukatif yang tepat. Bunda bisa membuat DIY mainan anak edukatif yang bisa membantu perkembangan otak, berikut ini cara-caranya:

DIY Puzzle

diy mainan anak

Puzzle adalah mainan edukatif yang baik untuk segala usia, termasuk balita. Bunda bisa membuat DIY puzzle sederhana untuk si Kecil. Berikut ini adalah cara yang bisa Bunda ikuti:

  1. Persiapkan alat dan bahan berupa kertas busa atau karton berwarna, spidol, penggaris, dan gunting.
  2. Buat bentuk-bentuk yang Bunda inginkan, misalnya angka, huruf, atau bentuk tertentu. Jadikan seperti puzzle dengan memisahkan antara bentuk dengan papan yang masih ada.
  3. Jika sudah selesai, minta si Kecil untuk memasang puzzle sesuai dengan bentuknya.

Mainan ini memiliki manfaat yaitu menstimulasi perkembangan kognitif, meningkatkan kemampuan indera, serta melatih kemampuan motorik halus.

Ball Color Station

DIY mainan anak kedua yang bisa Bunda coba adalah ball color station. Permainan ini tidak jauh berbeda dengan DIY puzzle, namun Bunda bisa memberikannya pada si Kecil di bawah 3 tahun dengan pengawasan. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Siapkan alat dan bahan yaitu kotak kardus atau papan busa, bola warna-warni, jangka, cat akrilik, dan gunting.
  2. Buat kardus menekuk di kedua ujung, lalu buat lubang yang lebih besar dari bola yang telah disiapkan. Bunda bisa membuat 6-8 lubang, tergantung besar kardus yang digunakan.
  3. Berikan warna di bagian ujung lingkaran sesuai warna bola. Minta si Kecil memasukkan bola sesuai warnanya.

Itulah cara membuat DIY mainan anak yang edukatif sehingga bisa membantu perkembangan otak dan kecerdasannya. Selain melalui stimulasi lewat mainan edukatif, perkembangan otak dan kecerdasan juga bisa dioptimalkan dengan makanan bergizi.

Lengkapi pemberian gizi dengan susu pertumbuhan LACTOGROW 3 untuk anak 1-3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk anak 3-5 tahun. Bunda bisa mengetahui kandungan susu pertumbuhan LACTOGROW di website resminya yaitu growhappy.co.id.

Comments (0)
Add Comment